Wednesday, October 23, 2013

PERULANGAN DELPHI


1.      Perulangan For...To...Do
Pengulangan For .. Do merupakan perintah pengulangan yang paling sederhana diantara perintah pengulangan lain yang disediakan oleh Delphi. Pengulangan For .. Do digunakan untuk melaksanakan pengulangan satu pernyataan atau satu blok program beberapa kali yang ditentukan oleh nilai awal dan nilai akhir. Dengan kata lain, jumlah pengulangan yang akan dikerjakan sudah diketahui.
Pada pengulangan dengan For, inisialisasi awal dan kondisi akhir ditentukan dengan menggunakan suatu variable kendali (pencacah) yang nilainya dibatasi dalam suatu range tertentu.
Syntax :
for <pencacah> := <awal> to <akhir> do
<pernyataan>;
Atau :
for <pencacah> := <awal> downto <akhir> do
<pernyataan>;
Ket :
·         <pencacah> adalah variabel bertipe ordinal, yaitu variabel yang mempunyai nilai pasti jika dikurangi atau ditambah satu satuan, misalnya byte, integer, dan lain-lain. Nilai <pencacah> tidak boleh diubah dalam <pernyataan>.
Contoh 1 :
for x := 1 to 10 do
ListBox1.items.add(inttostr(x));
Program ini akan menghasilkan bilangan terurut mulai dari 1 sampai 10.
Contoh 2 :
for x := 10 downto 1 do
ListBox1.items.add(inttostr(x));
Program ini akan menghasilkan bilangan terurut mulai dari 10 sampai 1.
 2.      Perulangan While ... Do
Pernyataan pengulangan ini biasanya digunakan bila Anda belum tahu pasti berapa banyak Anda akan mengulang pernyataan-pernyataan. Berakhirnya pengulangan ini ditentukan oleh suatu kondisi. Bila kondisi sudah tidak terpenuhi maka pengulangan akan berakhir. Dengan kata lain, selama kondisi masih terpenuhi, pengulangan akan terus dilakukan.
Pernyataan pengulangan While .. Do bertugas mengulang satu pernyataan atau suatu blok pernyataan atau selama (while) suatu kondisi (syarat) bernilai True.
Syntax :
while <kondisi> do
<pernyataan>;
begin
<pernyataan_1>;
<pernyataan_2>;
.
<pernyataan_n>;
end;
Prosedur alur pengulangan diatas diatas adalah sebagai berikut :
·         Program akan menguji nilai <kondisi>.
·         Jika <kondisi> bernilai False maka <pernyataan> tidak dilaksanakan dan program akan menghentikan pengulangan, kemudian menjalankan baris berikutnya.
·         Jika <kondisi> bernilai True, maka pernyataan akan dilaksanakan satu kali.
·         Kembali ke prosedur no. 1.
·         Program menghentikan pengulangan dan menjalankan baris berikutnya. Pada dasarnya pengulangan akan berhenti kalau <kondisi> bernilai False. <pernyataan> bisa berupa satu pernyataan atau blok pernyataan yang diawali dengan begin dan diakhiri dengan end. Penulisan pernyataan harus diakhiri dengan titik koma sebagai tanda akhir dari pernyataan While.
Contoh :
x:=0;
while (x < 10) do
begin
x:=x+1;
listbox1.items.add(Inttostr(x));
end;
3.      Repeat . . . until
Metoda pengulangan ini juga melakukan pengulangan berdasarkan pemeriksaan kondisi pengulangan. Hanya saja alur dari pengulangan ini adalah sistem seakan-akan memaksa untuk melakukan pengulangan, sampai di ketahui adanya kondisi berhenti. Bentuk sintaks dari pengulangan ini adalah :
Berlawanan dengan While, yang akan memproses aksi hanya bila kondisi_pengulangan bernilai true, pada pengulangan Repeat, sistem akan memproses aksi selama kondisi_berhenti bernilai false. Dengan demikian aksi pasti akan selalu diproses (minimal satu kali). Pada tipe ini, pengulangan dapat terjadi terus-menerus (tidak pernah berhenti), yaitu bila kondisi berhenti tidak pernah bernilai true.
Contoh :
Repeat
… {aksi}
Until

0 comments :

Post a Comment