Wednesday, October 23, 2013

TIPE DATA PADA DELPHI

Berikut Macam Macam Tipe Data Di Delphi :
a.       Tipe Data Integer merupakan tipe data bilangan bulat yang hanya mengenal bilangan decimal dan tidak dapat mengenal bilangan pecahan. bentuk umumnya sebagai berikut :
Var
Nilai_1 : integer ;
Begin
Nilai_1: 100000 ;
b.      Tipe Data Real merupakan tipe data bilangan yang mengenal bilangan bulan dan juga bilangan pecahan, jadi kalau urusan pembagian yang jawabannya pecahan kita Harus pake tipe data ini. Bentuk Umumnya Sebagai Berikut  :
Var
Nilai_1: Real ;
Begin
Nilai_1: 10,5 ;
c.       Tipe Data Char merupaan tipe data yang sama dengan String berupa nilai Anumerik, hanya berbeda dari kapasitas ruang dari datanya kalau Tipe Data Char hanya mengenal 1 Karakter saja.
d.      Tipe Data String Merupakan Tipe data yang isinya berupa Anumerik yang tidak dapat diberikan operator perhitungan karena bukan bersifat numerik value. Berikut Bentuk Umumnya
Var
Nilai_1: String ;
Begin
Nilai_1: ‘Cah STEKOM’ ;
Dalam Delphi Default Tipe data yang tampil di form Adalah Berupa String, Jadi kalau mau membuat fungsi operator atau penambahan,pengurangan,kali,bagi kita harus merubah tipe datanya dulu menjadi Tipe data numeric, bisa Real / Integer. Untuk Perintah untuk merubah Tipe data Sebagai Berikut :
Strtofloat                   : untuk merubah tipe data string ke tipe data Real.
strtoint     : untuk merubah tipe data string ke tipe data integer.
floattostr  : untuk merubah tipe data real ke tipe data string.
inttostr     : untuk merubah tipe data integer ke tipe data string.
untuk menampilkan teks dalam edit box, combo_box, ataupun memo borland delphi hanya mau menampilkan tipe data yang string jadi jika kita mau memberikan fungsi penggantian tipe data ke Real / Integer. dan pada saat mau kita tampilkan kembali kita harus merubahnya kembali menjadi string untuk ditampilkan.

0 comments :

Post a Comment